LAPORAN PEMBUATAN GAME
Pengertian Game
Game merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti permainan. Bermain game sudah dapat dikatakan sebagai life style masyarakat di masa kini. Dimulai dari usia anak-anak hingga orang dewasa pun menyukai game. Itu semua dikarenakan bermain game adalah hal yang sangat menyenangkan. Namun apa jadinya kalau paradigma itu berubah menjadi “membuat game adalah hal yang menyenangkan”? Beberapa orang mungkin ada yang berpikir bahwa hal itu mungkin untuk diwujudkan, namun tidak sedikit pula beberapa orang akan berpikir bahwa hal itu hanya akan berakhir menjadi sebuah impian belaka. Hal ini disebabkan oleh adanya kenyataan bahwa membuat game bukanlah hal yang dapat dilakukan dengan semudah membalikan telapak tangan, karena kenyataan di lapangan menunjukan bahwa untuk menghasilkan sebuah game, dibutuhkan kemampuan desain dan pemrograman yang cukup tinggi, biaya yang tidak sedikit, dan adanya teamwork yang cukup solid
Konsep (Concept) Tahap concept (pengonsepan) adalah tahap untuk menentukan tujuan dan siapa pengguna program (identifikasi audiens). Tujuan dan akhir program berpengaruh pada nuansa multimedia sebagai pencerminan dari identitas organisasi yang menginginkan informasi sampai pada pengguna akhir. Karakteristik pengguna termasuk kemampuan pengguna juga perlu dipertimbangkan karena dapat mempengaruhi pembuatan desain. Pengonsepan juga menentukan jenis aplikasi (presentasi, interaktif, dan lain-lain) dan tujuan aplikasi (hiburan, pelatihan, pembelajaran dan lain-lain). Dasar aturan untuk perancangan juga ditentukan dalam tahap ini, misalnya ukuran aplikasi, target, dan lain-lain.
Desain (Design) Desain (perancangan) adalah pemmbuatan spesifikasi mengenai arsitektur program, gaya, tampilan, dan kebutuhan bahan untuk program. Spesifikasi dibuat serinci mungkin sehingga pada tahap berikutnya, yaitu material collecting dan aseembly.Pengambilan keputusan baru tidak diperlukan lagi, cukup menggunakan keputusan yang sudah ditentukan pada tahap ini. Tahap ini biasanya menggunakan storyboard untuk menggambarkan deskripsi tiap scene, dengan mencantumkan semua objek multimedia dan tautan ke scene lain dan bagan alir (flowchart) untuk menggambarkan aliran dari satu scene ke scene lain.
Pengumpulan Bahan (Material collecting) Material Collecting adalah tahap pengumpulan bahan yang sesuai dengan kebutuhan yang dikerjakan. Bahan-bahan yang diambil adalah gambar clip art, foto, animasi, video, audio, dan lain-lain yang dapat diperoleh secara gratis atau dengan pemesanan kepada pihak lain yang sesuai dengan rancangannya. Tahap ini dapat dikerjakan secara parallel dengan tahap assembly.
Pembuatan (Assembly) Tahap assembly adalah tahap pembuatan semau objek atau bahan multimedia dibuat. Pembuatan aplikasi berdasarkan storyboard , diagram alir, struktur navigasi, atau diagram objek yang berasal dari tahap perancangan.
Pengujian (Testing) Tahap testing dilakukan setelah menyelesaikan seluruh tahap pembuatan (assembly) dengan menjalankan aplikasi/program dan melihatnya apakah ada kesalahan atau tidak. Tahap pertama pada tahap ini disebut tahap pengujian alpha test yang pengujiannya dilakukan oleh pembuat atau lingkungan pembuatnya sendiri. Setelah lolos dari pengujian alpha, akan dilanjutkan pengujian beta yang melibatkan pengguna akhir.
Distribusi (Distribution) Aplikasi akan disimpan dalam suatu media penyimpanan. Jika media penyimpanan tidak cukup untuk menampung aplikasinya, kompresi terhadap aplikasi tersebut akan dilakukan. Tahap ini juga bisa juga disebut tahap evaluasi untuk pengembangan produk yang sudah jadi supaya menjadi lebih baik. Hasil evaluasi tersebutpun dapat digunakan sebagai masukan untuk tahap concept.
Apa Maksud dari Story Board Pada Game?
Pengertian dan Fungsi Storyboard - Storyboard adalah sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah, karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Salah satu tahapan penting dalam produksi film adalah membuat storyboard, setelah sutradara dan pengarah fotografi membahas sebuah adegan mereka kemudian bertemu dengan artis storyboard untuk menterjemahkan gagasan mereka dalam gambar. Disitu terbentuklah rancangan-rancangan shooting, dan ketika dirasa ada sesuatau yang kurang pas atau ada kendala-kendala dalam pengambilan gambar nantinya segera dapat dilakukan revisi.
Dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan krue dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat dan tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera.
Storyboard juga berguna bagi editor untuk membantu menyusun scene yang berbeda- beda menjadi sesuai dengan skenario dengan lebih mudah dan cepat.
Storyboard pada Game
Storyboard pada Game sedikit berbeda dari storyboard animasi, dimana pada storyboard game terdapat goal / mission yang akan dibuat pada game itu sendiri. Kemudian storyboard pada game menjelakaskan tentang alur permaianan itu sendiri seperti apa tergantung dari jenis game. misalkan game ber-genre arcade tidak memiliki alur cerita namun game terebut menitik beratkan pada perolehan point. Jadi storyboard yang dibuat yaitu bagaimana pemain mendapat nilai / point setinggi mungkin.
Fungsi Storyboard
• Menggambarkan sketsa cerita sebuah film/animasi berdasarkan garis besar seperti awal tengah akhir.
• Memudahkan saat membuat film.
• Merupakan perencanaan dalam membuat film (kalau dalam bangunan bisa disebut desain bangunan)
Contoh Storyboard Game Snake
1. Gunakan tombol keyboard arah atas, kanan, bawah dan kiri untuk mengendalikan ular.
2. Makanlah bulatan yang telah disediakan untuk menambah poin dengan cara menabrakkan kepala ular ke bulatan tersebut.
3. Kepala ular dilarang untuk menabrak rintangan/pembatas dan garis tepi. Jika menabrak maka permainan akan berakhir dan anda harus mengulang.
4. Disetiap level rintangan akan berubah, semakin tinggi semakin sulit, pada setiap level membutuhkan 10 kali makan bulatan.
5. Jika level 5 (terakhir) selesai, maka anda berhasil menyelesaikan seluruh tantangan dan mendapatkan skor tinggi.
6. Tombol Permainan Baru untuk memulai permainan.
7. Tombol Skor Tinggi untuk melihat skor tertinggi.
8. Tombol Opsi untuk berbagai macam pengaturan.
9. Tombol Keluar untuk keluar dari permainan.
Sumber :
https://www.media.neliti.com/
http://www.skyars.com/
Comments
Post a Comment
Silahkan Isi Komentar Anda Disini