KIAT - KIAT KERJASAMA DALAM SATU TIM
Tim merupakan kepanjangan dari Tim Work atau
diartikan dalam Bahasa Indonesia yang berarti kerja tim atau sekumpulan orang
yang saling membantu untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam bentuk sebuah
kasus. Sebuah Tim akan sulit untuk menyelesaikan
sebuah masalah dalam bentuk sebuah kasus, jika hanya beberapa orang yang
berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka dalam sebuah tim dibutuhkan
kemauan dalam untuk setiap anggota dalam tim tersebut. Kegunaan sebuah tim dibentuk karna setiap
anggota tim mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, jika
seorang anggota tidak menyelesaikan masalahnya maka ia dapat meminta bantuan
dari anggota tim lainnya, Oleh karena itu saling membantu dan mendukung untuk
setiap anggota tim merupakan syarat bagi sebuah kerja sama tim agar dapat
menyelesaikan masalah. Pada lain hal untuk membuat sebuah tim yang
kompak dan mau saling membantu dan mendukung tidaklah mudah. Ada beberapa hal
yang harus dipatuhi dan dimengerti oleh setiap anggota demi kebersamaan salam
sebuah tim yang baik. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam
membentuk sebuah tim yang baik :
1. Sebuah tim harus
terbentuk dari berbagai kemampuan atau banyak divisi.
2. Ketika berada
dalam sebuah tim, setiap anggota harus menghilangkan sifat buruk dari karakter
masing – masing anggota seperti : ego, tamak, tidak mau saling membantu, dan
keras kepala.
3. Dalam sebuah tim mempunyai
target bersama, bukan target sendiri atau individual.
4. Sifat simpati
atau mengerti yang dimiliki oleh setiap anggota tim akan sangat membantu dalam
menyelesaikan masalah yang susah untuk diselesaikan.
5. Banyak kemampuan
yang dimiliki setiap anggota akan menjadi nilai lebih ketika menyelesaikan
sebuah masalah, tetapi akan menjadi hambatan jika disetiap anggota tersebut
tidak saling mengerti atau mempunyai sikap saling membantu.
6. Jika dalam sebuah
tim terdapat anggota yang memiliki sifat egois atau keras kepala maka akan
menghambat pencapaian sebuah tim dalam menyelesaikan sebuah masalah.
7. Pengedalian egois
atau keras kepala sangat dibutuhkan bagi setiap anggota dalam menyelesaikan
sebuah masalah yang sangat sulit bagi tim agar tidak memutuskan hubungan dalam
kerja sama tim pada anggota tim lainnya.
8. Didalam sebuah
kerja sama juga harus mempunyai pemimpin agar sebuah tim mempunyai tujuan dana
rah yang jelas untuk menyelesaikan sebuah masalah.
9. Sebuah pemimpin
juga harus mempunyai karakteristik yang cerdas dalam sebuah kelompok. Kecerdasan
merupakan karakter utama yang dibutuhkan agar menghasilkan ide-ide segar untuk
keberlangungan kepentingan kelompoknya.
10. Selain cerdas pempimpin, pemimpin yang baik
adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Karakteristik
Inisiatifme sangat dibutuhkan demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan
menjanjikan.
11. Bertanggung jawab juga hal yang sangat penting
dimiliki oleh seorang pemimpin dan juga anggota tim, bertanggung jawab
merupakan sifat untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat
tindakan yang telah dilaksanakan.
Sebuah kerja sama tim yang kompak dan saling
membantu akan mempunyai hasil maksimal dalam menyelesaikan masalah, hal ini
didukung dari setiap anggota yang sangat menguasai berbagai bidang dan juga
memiliki ide – ide yang sangat membantu dalam menyelesaikan sebuah masalah.
Sekian penjelesan singkat dari saya mengenai kiat – kiat kerja sama dalm sebuah
tim.
Comments
Post a Comment
Silahkan Isi Komentar Anda Disini