KIAT - KIAT KERJASAMA DALAM SATU TIM

Tim merupakan kepanjangan dari Tim Work atau diartikan dalam Bahasa Indonesia yang berarti kerja tim atau sekumpulan orang yang saling membantu untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam bentuk sebuah kasus. Sebuah Tim akan sulit untuk menyelesaikan sebuah masalah dalam bentuk sebuah kasus, jika hanya beberapa orang yang berusaha untuk menyelesaikan masalah tersebut. Maka dalam sebuah tim dibutuhkan kemauan dalam untuk setiap anggota dalam tim tersebut. Kegunaan sebuah tim dibentuk karna setiap anggota tim mempunyai kemampuan yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, jika seorang anggota tidak menyelesaikan masalahnya maka ia dapat meminta bantuan dari anggota tim lainnya, Oleh karena itu saling membantu dan mendukung untuk setiap anggota tim merupakan syarat bagi sebuah kerja sama tim agar dapat menyelesaikan masalah. Pada lain hal untuk membuat sebuah tim yang kompak dan mau saling membantu dan mendukung tidaklah mudah. Ada beberapa hal yang harus dipatuhi dan dimengerti oleh setiap anggota demi kebersamaan salam sebuah tim yang baik. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membentuk sebuah tim yang baik :

1.   Sebuah tim harus terbentuk dari berbagai kemampuan atau banyak divisi.
2.   Ketika berada dalam sebuah tim, setiap anggota harus menghilangkan sifat buruk dari karakter masing – masing anggota seperti : ego, tamak, tidak mau saling membantu, dan keras kepala.
3.    Dalam sebuah tim mempunyai target bersama, bukan target sendiri atau individual.
4.  Sifat simpati atau mengerti yang dimiliki oleh setiap anggota tim akan sangat membantu dalam menyelesaikan masalah yang susah untuk diselesaikan.
5.  Banyak kemampuan yang dimiliki setiap anggota akan menjadi nilai lebih ketika menyelesaikan sebuah masalah, tetapi akan menjadi hambatan jika disetiap anggota tersebut tidak saling mengerti atau mempunyai sikap saling membantu.
6.  Jika dalam sebuah tim terdapat anggota yang memiliki sifat egois atau keras kepala maka akan menghambat pencapaian sebuah tim dalam menyelesaikan sebuah masalah.
7.  Pengedalian egois atau keras kepala sangat dibutuhkan bagi setiap anggota dalam menyelesaikan sebuah masalah yang sangat sulit bagi tim agar tidak memutuskan hubungan dalam kerja sama tim pada anggota tim lainnya.
8.   Didalam sebuah kerja sama juga harus mempunyai pemimpin agar sebuah tim mempunyai tujuan dana rah yang jelas untuk menyelesaikan sebuah masalah.
9. Sebuah pemimpin juga harus mempunyai karakteristik yang cerdas dalam sebuah kelompok. Kecerdasan merupakan karakter utama yang dibutuhkan agar menghasilkan ide-ide segar untuk keberlangungan kepentingan kelompoknya.
10. Selain cerdas pempimpin, pemimpin yang baik adalah pemimpin yang berani berinisiatif jika dihadapkan dengan suatu masalah. Karakteristik Inisiatifme sangat dibutuhkan demi terciptanya solusi yang bersifat nyata dan menjanjikan.
11. Bertanggung jawab juga hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang pemimpin dan juga anggota tim, bertanggung jawab merupakan sifat untuk menanggung efek dari segala keputusan yang timbul akibat tindakan yang telah dilaksanakan.

Sebuah kerja sama tim yang kompak dan saling membantu akan mempunyai hasil maksimal dalam menyelesaikan masalah, hal ini didukung dari setiap anggota yang sangat menguasai berbagai bidang dan juga memiliki ide – ide yang sangat membantu dalam menyelesaikan sebuah masalah. Sekian penjelesan singkat dari saya mengenai kiat – kiat kerja sama dalm sebuah tim.

Comments

POPULAR POST

LAPORAN KUNJUNGAN KE MUSEUM FATAHILLAH

BERBAGAI MACAM BENTUK VIRUS KOMPUTER BESERTA PENJELASAN